Rabu, 29 April 2015

Resep Ayam Bakar Taliwang Asli Lombok

Resep ayam bakar taliwung asli aliwung Lombok ini adalah merupakan salah satu menu masakan yang istimewa yang  tentunya masakan ini berasal dari daerah lombok Nusa Tenggara Barat, namanya yaitu ayam bakar taliwang. masakan ini mampu mendongkrak wisata kuliner di daerah lombok bahkan di kenal sampai ke selurah nusantara Indonesia, karena ayam bakar ini bercita rasa dengan mengunakan rempah khas indonesia bagian timur, resep masakan ayam bakar ini sebenarnya hampir sama dengan cara masak ayam bakar pada umumnya, tetapi ada hal yang memang menjadi pembeda yaitu dengan menggunakan bumbu rempah seperti terasi dan kencur makanya rasanya juga memiliki rasa khas sedap dan beraroma terasi sehingga para wisata kuliner juga pada menanti masakan ini.

Bahan-bahan:
1 ekor ayam kampung ukuran sedang
3 sdm minyak sayur
3 sdm air jeruk limau

Bumbu halus:
6 buah cabai merah
4 siung bawang putih
2 sdm gula merah
6 siung bawang merah
2 sdm gula merah
1 sdt terasi
1 buah tomat
2 cm kencur
1 sdt garam



Cara memasak ayam bakar taliwung
1. Ayam di potong menjadi dua bagian lalu cuci ayam sampai benar-benar bersih.
2. Bumbu halus di campur menjadi satu dengan air jeruk limau, Ayam dimasukan lalu aduk sampai rata sambil ditusuk-tusuk daging ayamnya supaya bumbu cepat meresap lalu diamkan selama kurang lebih 20-30 menit.
3. ayam di bakar atau dipanggang dengan menggunakan bara api arang atau memakai panggangan listrik juga boleh sambil sesekali dibalik dan diolesi bumbu rendaman tadi.
4. Masak dengan cara dibakar sampai matang sampai kering, kalau sudah matang kemudian ayam diangkat dan sajikan sebagai teman nasi sarta lalapan dan sambal berssama keluarga tercinta.

Demikian resep ayam bakar  taliwung asli lombok persembahan dari resep masakan alami semoga ada manfatnya bagi kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar