Kamis, 14 Mei 2015

Resep Ayam Lodho Enak Dan Lezat

Resep Ayam lodho merupakan salah satu resep cara memasak daging aya dan rasanya pun tidak hanya enak, namun lebih dari kata enak dan bisa dibilang super lezat serta nikmat rasanya sehinnga bisa bikin lidah ketagihan apabila setelah mencobanya makan masakan ini. Apalagi, jika dimakan ayam lodho ini bersama nasi uduk dan urap sayur maka bikin pengennya nambah terus. makan dari itu saya akan bagikan rahasia dapurnya yaitu resep memasak ayam lodho khas Jawa Timur tepatnya berasal dari daerah Tulung Agung dan Trenggalek.

Dan berikut adalah bahan yang perlu Anda siapkan untuk resep ayam lodho serta cara untuk membuat masakan

Bahan-bahan

Ayam kampung 1 ekor
Kencur 1 rimpang kurang lebih 3 cm
Santan kelapa 250 ml
Bawang putih 10-13 siung
Bawang merah 13 siung
Jahe 1 rimpang kurang lebih 5 cm
Lengkuas 1 rimpang kurang lebih 5 cm
Cabe rawit (sesuai selera)
Garam (secukupnya)
Serai 3 batang
Kunyit 1 rimpang kurang lebih 6 cm
Daun jeruk purut 3 lembar
Daun salam 2 lembar
Merica 1 sdm
Kemiri 5 butir
Penyedap rasa
ketumbar 1 sdm
Gula

Cara Membuat

Cuci ayam kampung sampai bersih kemudian belah badannya terus panggang di atas bara arang atau api kecil sampai setengah matang. Supaya lebih gurih rasanya  anda boleh melumuri ayam dengan  garam secukupnya sebelum dipanggang.
Haluskan bawang merah, bawang putih, merica,kencur, ketumbar,kunyit, kemiri,dan cabe rawit.
Memarkan lengkuas, jahe serta batang serai.
Kemudin tumis bumbu yang telah dihaluskan sampai bau harum dengan sedikit minyak terus masukkan lengkuas, jahe dan batang serai ke dalam  wajan.
Jika tumis bumbu sudah harum baunya, maka masukkan air secukupnya. kemudian masukkan ayam yang sudah dipanggang ke dalam wajan lalu masaklah sampai airnya mendidih.
Tambahkan penyedap rasa, daun salam garam, daun jeruk dan sedikit gula,
Dan ingat untuk memasukkan air santan ke  ayam yang ada di wajan.
Masak dengan api sedang kurang lebih setengah hingga satu jam sampai  santannya mulai mengental serta bumbunya sudah meresap ke dalam ayam. dan jangan lupa di saat anda memasak ayam lodho ini sambil di bolak-balik dengan tujuan agar bumbu dan dagingnya matang merata. Sekarang ayam lodho sudah siap di sajikan dengan nasi putih.

Demikian resep ayam lodho yang rasanya super enak dan lezat ini, Ketika ayam lodho ini di santap bersama keluarga tercinta maka rasanya akan semakin mantap dan nikmat apabila seb
Ladies, itulah resep spesial masak ayam lodho khas Jawa Timur yang super lezat dan nikmat. Resep ini sendiri adalah resep andalan dari keluarga penulis. Ketika ayam lodho disantap bersama keluarga, rasanya akan semakin mantap dan nikmat. Karena bumbu yang digunakan sangat banyak, tidak heran jika rasa ayam lodho sangat khas serta bersahabat dengan lidah oraagai menu makan malam atau makan siang karena masakan ini menggunakan banyak bumbu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar