Senin, 27 April 2015

Resep ayam bakar bumbu opor enak


Resep ayam bakar  enak. Cara mengolah  ayam bakar yang satu ini tidak hanya menggunakan bumbu kecap lagi, ada sedikip berbeda cara memasaknya melainkan diolah dengan memakai bumbu opor setelah  di oles dengan bumbu opor baru dipanggang atau di bakar. dikalangan para ibu resep ini mungkin belum begitu terlalu terkenal dan mungkin terasa asing akan tetapi kalau di rasa-rasa ayam bakar bumbu opor  ini  memang memiliki rasa yang enak, sedap dan unik karena  bumbunya ada sedikit variasi yaitu perpaduan antara bumbu opor rasa khas bau bakaran. berikut bahan dan bumbu yang harus di sediakan.

bahan-bahan:
1 ekor ayam potong delapan atau tergantung selera
3 batang serai dimemarkan
2 sdm air jeruk nipis
3 lembar daun jeruk
1 sdm cuka
250 ml santan kental
3 sdm minyak goreng
2 ruas jahe digeprek
4 lembar daun salam
2 ruas jari lengkuas digeprek
garam secukupnya
Bumbu Halus:
8 siung bawang merah
1 sdm ketumbar
6 butir kemiri
5 siung bawang putih
1 sdt jinten
1 sdt merica
 Resep Ayam Bakar 
1. Ayam di cuci sampai bersih kemudian ayam dicampur dengan air jeruk nipis 2 sdm, cuka 1 sdm dan sedikit garam, Tunggu sebentar selama kurang lebih 5 menit. Inngat cuci kembali ayam sampai bersih betul.
2. minyak goreng di panaskan kemudian bumbu halus di tummis sampai baunya harum.
3. Kemudian daun jaruk, daun salah, jahe, lengkuas, dan serai di masukan dan aduk sampai rata.
4. Ayam diaduk rata kemudian air santan tambahkan  dan terus ayam di masak sampai setengah matang.  Baru angkat dan tiriskan.
5. Terakhir ayam dipanggang dalam oven atau bisa juga dibakar di atas bara arang sampai matang.
Nah sekarang ayam bakar sudah siap di sajikan tapi enaknya masih dalam keadaan hangat apalagi di lengkapi dengan lalapan dan sambal terasi, wah bikin perut bunyi saja ni.

Itulah resep ayam bakar semoga tulisan sederhana ini bisa bermanfa'at bagi anda sekalian yang sedang mencari resep masakan kuliner nusantara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar